Selasa, 09 Oktober 2012

Master Tertua di Dunia


Kabar Anehx~ALLAN Stewart, pensiunan dokter gigi berusia 97 tahun telah menerima gelar master ilmu kedokteran dari Univesitas Southern Cross Australia belum lama ini.

Gelar itu membuatnya menjadi peraih gelar akademis tertua di dunia untuk kedua kalinya.


Allan yang lahir pada 7 Maret 1915, saat ini sudah memegang rekor Guiness setelah menyelesaikan kuliah hukumnya dalam usia 91 tahun pada 2006 lalu.

"Saya kira kini saatnya saya menggantungkan jas almamter saya. Meski sebelumnya saya juga pernah mengatakan saya sudah bosan sekolah," kata Stewart warga kota Port Stephens di utara Sydney Australia itu usai upacara wisuda.


"Saya memiliki terlalu banyak waktu luang dan saya ingin tetap aktif secara mental," tambahnya sebagaimana dilansir BBC, beberapa hari lalu.

Gelar terbarunya ini adalah gelar akademis keempatnya sejak mendapatkan gelar dokter gigi pada dekade 1930-an.


Setelah berkarir panjang sebagai dokter gigi dan hampir meraih gelar doktor bedah gigi, Stewart memutuskan untuk kembali kuliah hukum untuk membuat pikirannya tetap aktif.

"Saat hampir mencapai usia 90 tahun, saya sadar bahwa waktu adalah segalanya. Saya harus memiliki kesibukan jika saya gagal meraih gelar," ujarnya.

"Jadi saya mendaftar kuliah musim panas dan dalam empat setengah tahun saya bisa menyelesaikan kuliah yang seharusnya selesai dalam enam tahun," papar Stewart.


Stewart yang gemar berjalan kaki dan meditasi ini menjaga pikirannya tetap aktif dengan membaca buku teks kedokteran, membaca novel kriminal dan bermain bridge.

Dia mendaftarkan diri di kampus terakhirnya pada 2009 dan dia mengatakan sangat menikmati tantangan itu serta mendorong pra orang tua untuk kembali ke bangku kuliah.

"Seharusnya orang jangan pernah mengatakan 'saya terlalu tua untuk belajar'. Tak ada kata terlambat untuk menambah wawasan, mendapat teman baru dan menantang diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang berarti," ujarnya berfalsafah.


Meski sukses dengan empat gelar akademisnya, ayah enam anak, 12 cucu dan enam cicit itu berusaha tetap rendah hati.

"Apa yang saya capai ini tak terlalu berarti. Saya hanya dianugerahi gen yang bagus. Dalam usia seperti ini, suatu hari nanti saya pasti akan menikmati hidup saya," tukasnya.

Sekian dan terimakasih sudah mampir ke kabar-anehx.blogspot.com yang sederhana ini, lain waktu saya akan perbanyak lagi dan tentunya dengan rekor-rekor terbaru tentunya.
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ghoke | Bloggerized by Aie Dear